Juli 15, 2010

Apa itu Matroska?

0 komentar
Disamping format container seperti: .mp4, .avi, .rmvb, kita juga mengenal .mkv atau matroska video. Matroska adalah salah satu standar untuk file container atau penampung yang berguna untuk menyimpan stream atau data video, audio dan kelengkapannya, seperti subtitle, menu dan chapter. Format ini didasarkan atas sebuah format ekstensibel yang disebut dengan XML dan bersifat open-source, oleh karena itu, Matroska bisa digunakan dan bisa juga di kembangkan oleh siapa saja tanpa di pungut biaya. File yang menggunakan kontainer Matroska biasanya memiliki akhiran .mkv.

Nama Matroska sendiri di adaptasi dari sebutan untuk boneka yang bernama matryoshka yang berupa boneka dengan rongga di dalamnnya, yang bisa diisi oleh boneka yang berukuran lebih kecil. Hal ini mirip dengan konsep dasar matroska, yaitu satu file yang menyimpan data video, audio dan data lainnya.

Matroska ditetapkan sebagai sebuah standar universal sejak tahun 2002 oleh pencetus format Multimedia Container Format atau MCF yang sudah tidak dipergunakan lag: Lasse Karkkainen dan Steve Lhomme. Matroska sendiri akhirnya menggantikan MCF secara keseluruhan dan bnyak digunakan oleh para pengguna komputer yang mendukung standar non-proprietari serta menjunjung tinggi standar yang open-source.

0 komentar:

Posting Komentar